Program Studi Teknologi Kelautan

banner-ftk

D

alam rangka mendukung pembangunan nasional yang berorintasikan pada pengembangan teknologi kelautan, diperlukan sumberdaya dibidang ini dengan jumlah dan mutu yang memadai. Hal tersebut disebabkan karena pembangunan yang berkelanjutan bagi Indonesia akan amat bergantung pada keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan sumber daya kelautan. Dilandasi dengan keinginan untuk berperan aktif dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam teknologi kelautan inilah maka sejak tahun 1992, Fakultas Teknologi Kelautan ITS merintis kerjasama dengan The Department of Marine Technology, The University of Newcastle Upon Tyne dalam rangka merintis program pascasarjana di bidang teknologi kelautan.

Jurusan Teknologi Kelautan yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Kelautan ( FTK ) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknologi Kelautan mulai tahun ajaran 1996/1997 . Dari tahun ajaran 1993/1994 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 118 alumninya dari 555 mahasiswa yang ada. Mulai tahun ajaran 2001/2002 program Doktor Teknologi Kelautan telah dibuka.

Didukung oleh 42 staf pengajar dengan kualifikasi: 3 orang Profesor, 13 orang Doktor,serta 26 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 10 Laboratorium, Ruang Baca dengan lebih dari 6000 bahan pustaka, 18 jurnal ilmiah internasional, sambungan Internet serta fasilitas lain.

Tujuan

Tujuan Program Pendidikan Pascasarjana Teknologi Kelautan adalah untuk meningkatkan kemampuan pengembangan ilmu secara mandiri dan kemampuan manajemen pada tingkat yang memadai agar mampu mempergunakan kamampuan teknologi kelautan yang efektif dan efisien dalam pemecahan permasalahan pembangunan.

 Bidang Minat

Program Studi Teknologi Kelautan memiliki 5 bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

TEKNIK PERANCANGAN BANGUNAN LAUT

2

TEKNIK TRANSPORTASI KELAUTAN

3

TEKNIK PRODUKSI DAN MATERIAL KELAUTAN

4

TEKNIK SISTEM DAN PENGENDALIAN KELAUTAN

5

TEKNIK MANAJEMEN PANTAI

Kegiatan Akademik

Program Magister Teknologi Kelautan dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun). Beban kredit total 40 sks, yang terdiri atas mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, penelitian dan penulisan tesis sesuai dengan kurikulum . Setiap mata kuliah dibawakan oleh minimal dua orang staf pengajar.

Program Doktor Teknologi Kelautan dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), beban kredit total 50 sks, terdiri dari mata kuliah utama, mata kuliah pendukung, penelitian dan penulisan tesis atau disertasi sesuai dengan kurikulum .

Sarana Penunjang

Kegiatan akademik ditunjang oleh Perpustakaan Pusat ITS, Perpustakaan FTK dan PPSTK, Lab. Hidrodinamika ITS, Lab. Komputasi PPSTK dengan software-saftware modern dan bebas akses Internet, Lab. Transportasi Laut, Lab. CNC, Lab. Mesin Fluida dan Sistem, Lab. Mesin Kapal, Lab. Listrik dan Otomatisasi, Lab. Getaran dan Kebisingan, Lab. Keandalan, Lab. Optimasi dan Struktur

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Teknologi Kelautan 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Teknologi Kelautan 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknologi kelautan, hubungi :

Teknologi Kelautan 
Program Magister/Doktor Teknik Kelautan
Gedung W, Lantai 2
Telp: (031) 5936852, 5926797  Fax: (031) 5926797
e-mail: ppstk@its.ac.id
Homepage: www.marinetech-its.net, www.its.ac.id/marine

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id