Program Studi Teknik Sipil

J

urusan Teknik Sipil yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan ( FTSP ) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknik Sipil mulai tahun ajaran 1993/1994 . Dari tahun ajaran 1993/1994 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 367 alumninya dari 1493 mahasiswa yang ada. Mulai tahun ajaran 2001/2002 program Doktor Teknik Sipil telah dibuka dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai sekarang adalah 8 mahasiswa.

Didukung oleh 92 staf pengajar dengan kualifikasi: 9 orang Profesor, 15 orang Doktor,serta 68 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 15 Laboratorium, Ruang Baca dengan lebih dari 6000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, sambungan Internet serta fasilitas lain.

 Tujuan

Tujuan Program Pendidikan Pascasarjana Program Studi Teknik Sipil adalah meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan yang telah diperoleh selama pendidikan di Program Sarjana agar mempunyai kemampuan untuk :
• Meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan.
• Berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmu Teknik Sipil.
• Mengembangkan kemampuan profesional dalam spektrum yang lebih luas dengan mengaitkan bidang ilmu Teknik Sipil atau profesi serupa.
• Merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah dengan cara penalaran ilmiah

Bidang Minat

Program Studi Teknik Sipil memiliki 6 bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

GEOTEKNIK  

2

STRUKTUR  

3

MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI (MP)  

4

MANAJEMEN DAN REKAYASA SUMBER AIR (MRSA)  

5

MANAJEMEN DAN REKAYASA TRANSPORTASI (MRT)  

6

MANAJEMEN ASET (khusus kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum)  

Kegiatan Akademik

Program Magister Teknik Sipil dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun). Beban kredit total 40-42 sks, yang terdiri atas mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, penelitian dan penulisan tesis sesuai dengan kurikulum . Kalender akademik semester I dimulai awal September , sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

Program Doktor Teknik Sipil dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun . Beban kredit total 40 sks, terdiri dari 18 sks matakuliah atau studi mandiri serta 32 sks disertasi sesuai dengan kurikulum .

 Sarana Penunjang

Peralatan laboratorium dan ruang laboratorium yang memadai adalah sangat diperlukan, baik untuk menunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa, mendukung penelitian staf akademik, maupun memperkuat peran konsultasi terhadap industri.

    • Laboratorium Hidroteknik dan Pantai
    • Laboratorium Perhubungan dan Bahan Konstruksi Jalan
    • Laboratorium Beton dan Bahan Bangunan
    • Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan
    • Laboratorium Struktur
    • Studio Gambar Teknik Sipil

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 FTeknik Sipil 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Teknik Sipil 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknik sipil, hubungi :

Teknik Sipil
Program Magister/Doktor Teknik Sipil
Gedung Teknik Sipil Lantai II
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111 Telp/Fax: (031) 5928797
E-mail: s2sipits@sby.dnet.net.id
Homepage: ce.its.ac.id

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id