Program Studi Teknik Informatika

T

eknologi Informasi dewasa ini merupakan bidang yang berkembang amat cepat. Perkembangan cepat di bidang ini berdampak pada terciptanya lapangan kerja di banyak sektor, misalnya pemerintahan, perguruan tinggi, perusahaan jasa, software house , dan perbankan. Ini berarti Teknologi Informasi berpotensi besar membantu memperbaiki perekonomian Indonesia yang pada saat ini masih terimbas dampak krisis moneter beberapa waktu yang lalu. Melihat peluang untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualifikasi di bidang Teknologi Informasi, Program Studi Magister Informatika Pascasarjana ITS menawarkan suatu program pendidikan Strata-2 yang dapat memenuhi kebutuhan pasar akan sumber daya manusia di bidang Informatika yang berkualifikasi dalam aspek teori dan praktis, serta dapat beradaptasi dengan perkembangan yang cepat di bidang ini.

Jurusan Teknik Informatika yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Informasi ( FTIF ) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknik Informatika mulai tahun ajaran 1996/1997 . Dari tahun ajaran 1993/1994 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 94 alumninya dari 663 mahasiswa yang ada.

Didukung oleh 25 staf pengajar dengan kualifikasi: 4 orang Profesor, serta 21 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah Full AC dan LCD, 6 Laboratorium, Ruang Diskusi, Ruang Baca dengan lebih dari 2000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional dan nasional, termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

 Tujuan

Pendidikan Program Magister Teknik Informatika bertujuan untuk:
• Memberikan kesempatan kepada sarjana lulusan S-1 dari disiplin ilmu yang terkait dengan Teknologi Informasi untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi di bidang Teknik Informatika.
• Memberikan pengetahuan lanjut di bidang Teknik Informatika melalui pendidikan dan penelitian.
• Meningkatkan jumlah pakar berkualifikasi dalam bidang Teknik Informatika untuk mendukung kebutuhan pasar.

Bidang Minat

Program Studi Teknik Informatika memiliki 2 bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

TEKNIK INFORMATIKA 

column col=”1/4″]

2

SISTEM INFORMASI [/column]

Kegiatan Akademik

Program Studi S-2 Teknik Informatika dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun),dengan beban kredit total 40 sks, yang terdiri dari 20 sks materi kuliah wajib (termasuk tesis) dan 20 sks materi kuliah pilihan sesuai dengan kurikulum . Kalender akademik semester I dimulai awal September , sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

Sarana Penunjang

Disamping beberapa sarana penunjang di pusat komputasi dan perpustakaan pusat yang dikelola ITS, tersedia pula sejumlah laboratorium dan fasilitas lain di lingkungan Jurusan Teknik Informatika ITS untuk menunjang program pendidikan S-2, yaitu:

    • Laboratorium Pemrograman
    • Laboratorium Sistem Bisnis Cerdas
    • Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer
    • Laboratorium Komputasi
    • Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
    • Laboratorium Riset Mahasiswa S-2 Informatika
    • Ruang Baca Jurusan Teknik Informatika
    • Ruang Diskusi Mahasiswa S2
    • Musholla dan Kantin

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Teknik Informatika 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Teknik Informatika 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknik Informatika, hubungi :

Teknik Informatika
Program Magister Teknik Informatika
Gedung Teknik Informatika  Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Telp: (031) 5939214, 5922949  Fax: (031) 5996813, 5913804
Email : veni@its-sby.edu
Home Page :ww.if.its.ac.id
Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id