Program Studi Teknik Fisika

icon TF

J

urusan Teknik Fisika – Fakultas Teknologi Industri membuka program studi S2 sejak tahun 2008 berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 2202 / D/ T/ 2008 tertanggal 15 Juli 2008. Perkembangan yang pesat dalam sains dan teknologi telah mengubah paradigma pola kajian dalam bidang keilmuan, menjadi pola terintegrasi yang bersifat inter dan multi disiplin. Pendidikan Teknik Fisika adalah kombinasi disiplin keilmuan fisika, rekayasa dan matematika untuk mengembangkan pemahaman inter-relasi dari ketiga disiplin tersebut. Program studi ini dirancang untuk mempersiapkan peserta didik dengan bekal yang kuat dari ketiga disiplin ilmu (fisika, rekayasa, matematika) dengan pilihan kuliah tingkat lanjut dalam bidang Teknik Fisika. Peserta didik juga dibekali dengan keterampilan-keterampilan dalam pemecahan masalah dan riset. Prodi S2 ini didukung oleh 39 staf pengajar dengan kualifikasi 11 orang Doktor dan 25 orang Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut : ruang kuliah, 9 laboratorium dan bengkel,ruang baca dengan lebih dari 5000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, jurnal ilmiah nasional, akses berlangganan ke Science Direct/ Elsevier dan IEEE, sambungan internet serta fasilitas lainnya.

 Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Magister Teknik Fisika ITS ini adalah untuk menghasilkan tenaga magister teknik yang memiliki penguasaan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam bidang Teknik Fisika.  Setelah menyelesaikan program pendidikan, peserta didik diharapkan memiliki penguasaan bidang sains dan teknologi yang kuat dan mendalam, mampu menganalisa dan memecahkan berbagai masalah engineering sciences secara integral, serta mampu menyajikan inovasi-inovasi baru yang orisinil dalam sains dan teknologi.

 Bidang Minat

Program Studi Teknik Fisika memiliki 2 bidang minat yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

REKAYASA INSTRUMENTASI INDUSTRI

2

REKAYASA ENERGI TERBARUKAN

Kegiatan Akademik

Program Studi S2 Teknik Fisika ITS dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan batas maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit minimal 36 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum. Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Kegiatan akademik meliputi: perkuliahan, tugas dan belajar mandiri, kegiatan laboratorium, studi pustaka, serta berperan aktif dalam diskusi dan seminar.

Sarana Penunjang

Proses perkuliahan dan penelitian dalam Program Studi S2 ini didukung oleh Laboratorium, Workshop dan Bengkel sebagai berikut:

  • Laboratorium Rekayasa Instrumentasi
    Laboratorium Rekayasa Konservasi Energi dan Pengkondisian Lingkungan
    Laboratorium Rekayasa Bahan
    Laboratorium Rekayasa Akustik dan Fisika Bangunan
    Laboratorium Rekayasa Fotonika
    Laboratorium Simulasi dan Komputasi
    Laboratorium Pengukuran Fisis
    Workshop Instrumentasi
    Bengkel Mekanik

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Teknik Fisika 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Teknik Fisika 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknik fisika, hubungi :

Program Pascasarjana Teknik Fisika
(CP : Dr.rer.nat. Aulia M T Nasution)
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Telp/Fax: (031) 5947188 / (031) 5923626
E-mail: pascasarjana@ep.its.ac.id / pascasarjanatf@gmail.com

Homepage: http://pascasarjana.ep.its.ac.id/