Program Studi Teknik Elektro

J

urusan Teknik Elektro yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknik Elektro mulai tahun ajaran 1993/1994. Dari tahun ajaran 1993/1994 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 266 alumninya dari 1065 mahasiswa yang ada. Mulai tahun ajaran 2005/2006, program Doktor telah dibuka.

Sejak 2005, PPS-TE menjadi salah satu komponen utama dalam kerjasama antar-laboratorium antara ITS dengan sejumlah universitas di Jepang di dalam kerangka proyek PREDICT yang didanai oleh pemerintah Jepang. Mulai tahun ajaran 2004/2005, peserta program Magister dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti program sandwich antara ITS dan FH Darmstadt-University of Applied Sciences (Jerman). Kerjasama lainnya yang telah terjalin antara lain dengan Oulu University (Finlandia) melalui proyek FIND, PT PLN bidang Manajemen Sistem Distribusi Tenaga Listrik, PPT Migas Cepu bidang Teknik Sistem Tenaga, dan PPGT VEDC bidang Mekatronika. Sejak 2005 PPS-TE juga telah menerima mahasiswa dari negara asing

Didukung oleh 52 staf pengajar dengan kualifikasi: 6 orang Profesor, 17 orang Doktor,serta 29 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 15 Laboratorium, Ruang Komputasi, 2 Ruang Seminar, Ruang Baca dengan lebih dari 6000 bahan pustaka, 18 jurnal ilmiah internasional, forum seminar, sambungan Internet serta fasilitas lain.

 Tujuan

Pendidikan Program Magister Teknik Elektro ITS bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan para pesertanya dalam bidang Teknik Elektro. Setelah menyelesaikan pendidikan, peserta program diharapkan telah memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat dimanfaatkan secara mandiri dalam mengembangkan ilmu dan teknologi elektro dibidang pendidikan, penelitian dan industri.

 Bidang Minat

Program Studi Teknik Elektro memiliki 6 bidang minat yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

TEKNIK SISTEM TENAGA, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Pengaturan dalam Sistem Tenaga Listrik

2

TEKNIK SISTEM PENGATURAN, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Analisa dan Perancangan Sistem Pengaturan

3

TELEKOMUNIKASI MULTIMEDIA, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Sistem dan Jaringan Telekomunikasi

4

JARINGAN CERDAS MULTIMEDIA, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Jaringan Cerdas Multimedia dan Game Technology

5

ELEKTRONIKA, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Analisa dan Desain Sistem Elektronika dalam bidang Biomedika dan Industri

6

TELEMATIKA, Di bidang ini dikembangkan spesialisasi Telekomunikasi dan Informatika

Kegiatan Akademik

Program Magister Teknik Elektro dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit total 40 sks, terdiri dari 31 sks mata kuliah wajib dan pilihan serta 9 sks tesis sesuai dengan kurikulum.Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

Program Doktor Teknik Elektro dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit total 40 sks, terdiri dari 28 sks kompetensi utama serta 12 sks kompetensi pendukung sesuai dengan kurikulum.Matakuliah kompetensi utama meliputi aktifitas disertasi yang mencakup penelitian dan publikasi paling sedikit pada 2 jurnal terkreditasi atau 1 publikasi pada jurnal internasional, dan ujian akhir dalam bentuk seminar dengan mempertahankan disertasi di hadapan dewan penguji.

Program Doktor Teknik Elektro menawarkan 8 bidang penelitian: Electric Drive, Power System Dynamics, Intelligent Systems, Multimedia Telecommunications, Applied Electronics, Biomedical Engineering, Control Engineering, dan Computer Engineering.

Sarana Penunjang

Jurusan Teknik Elektro memiliki 16 laboratorium yang dilengkapi perangkat dan modul mutakhir serta manual praktikum yang disusun mendekati standar internasional semakin menegaskan komitmen Jurusan dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara konsisten.

  • Laboratorium Analisa Sistem Tenaga
    Laboratorium Konversi Energi Listrik
    Laboratorium Pengukuran Listrik
    Laboratorium Tegangan Tinggi
    Laboratorium Jaringan Telekomunikasi
    Laboratorium Multimedia
    Laboratorium Propagasi & Radiasi Elektromagnetika
    Laboratorium Teknik Pengaturan
    Laboratorium Analisis Sistem
    Laboratorium Digital dan Interfacing
    Laboratorium Pengolahan Digital
    Laboratorium Jaringan Multimedia
    Laboratorium Rangkaian Listrik Dan Elektronika
    Laboratorium Perancangan Sistem Elektronika Analog
    Laboratorium Perancangan Sistem Elektronika Digital
    Laboratorium Perancangan Sistem Elektronika Terpadu

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Teknik Elektro 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Teknik Elektro 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi teknik elektro, hubungi :

Teknik Elektro
Program Magister/Doktor Teknik ElektroGedung C
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Telp: (031) 5947302
Fax: (031) 5931237, E-mail: s2-elits@ee.its.ac.id
Home Page : www.ee.its.ac.id

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id