Program Studi Statistika

U

ntuk mencapai Visi dan Misi-nya, Jurusan Statistika ITS secara konsisten mengembangkan program–programnya untuk mewujud-kan Jurusan sebagai pusat pendidikan dan penelitian di bidang Statistik yang mapan dan kuat dalam penelitian, diarahkan pada bidang teori Statistik dan aplikasinya pada industri dan bisnis, merupakan salah satu cermin akan reputasi dan mutu akademik dalam mewujudkan program pendidikan di Jurusan Statistika ITS yang ideal.

Jurusan Statistika yang berada dalam naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuka program studi PascaSarjana S-2 Statistika mulai tahun ajaran 1999/2000. Dari tahun ajaran 1999/2000 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 80 alumninya dari 302 mahasiswa yang ada.

Didukung oleh 25 staf pengajar dengan kualifikasi: 2 orang Profesor, 4 orang Doktor, serta 19 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 2 Laboratorium, Ruang Baca dengan lebih dari 900 bahan pustaka, 16 jurnal ilmiah, termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

 Tujuan

Pendidikan Program Magister Statistika ini ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar dan penerapannya menuju suatu keahlian akademik dalam bidang Statistik Produktifitas dan Kualitas serta Analisis Permasalahan Bisnis dan Kontribusinya secara substansial di bidang industri, pelayanan dan pemerintahan. Sedangkan sasaran akhirnya adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu meningkatkan pelayanan profesi, berpartisipasi dalam pengembangan bidang Statistika dan peka terhadap berbagai masalah di dalam masyarakat serta mampu merumuskan pendekatan penyelesaiannya.

Kegiatan Akademik

Program Studi S-2 Statistika dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit minimal 40 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum.Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Kegiatan akademik meliputi: perkuliahan, praktek laboratorium, praktek lapangan, seminar, penelitian dan sebagainya, dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen pembimbing.
Program Doktor (S-3) Statistika mempunyai beban 40 sks yang harus diselesaikan dalam waktu 6 semester (3 tahun) sesuai dengan kurikulum

 Sarana Penunjang

Disamping sarana-sarana penunjang di pusat komputasi dan perpustakaan yang dikelolah ITS tersedia pula Ruang Baca, Laboratorium Statistika dan Laboratorium Komputasi sebagai penunjang pendidikan Program Magister Statistika di Jurusan Statistika ITS.

  • Disamping berbagai jenis buku (1.203 judul) dan jurnal mutakhir (48 jurnal) yang tersedia di dalam Ruang Baca Statistika ITS, hasil-hasil penelitian mahasiswa (Tugas Akhir/Tesis) dan penelitian dosen Statistika ITS tersedia untuk bahan studi pengembangan belajar setiap mahasiswa.

  • Laboratorium ini mempunyai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Statistika Terapan (seperti: Statistik Pengendalian Kualitas, Reliabilitas, Rancangan Percobaan, Regresi Nonparametrik, Teknik Sampling, dll) yang didukung oleh sebanyak 100 komputer dengan basis processor Pentium IV yang terhubung ke pusat jaringan komputer Jurusan Statistika.

  • Laboratorium ini mempunyai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan statistika komputasi. Dalam Laboratorium ini tersedia sebuah komputer SERVER yang menangani seluruh jaringan komputer di Jurusan Statistika.Di dalam Laboratorium ini pula tersedia 100 komputer dengan basis Pentium IV dan beberapa paket program komputasi (seperti: SPLUS,GPSS, QC Custum, STATGRAPHIC, EXECUSTAT, MINITAB, SAS dan SPSS).

Laboratorium ini didukung pula oleh satu ruang khusus yang berisikan 10 buah komputer multimedia dengan basis Pentium IV yang saling terhubung sebagai jaringan komputer di Jurusan Statistika ITS. Kegiatan-kegiatan penelitian yang terkait dengan simulasi stokhastik, Markov Chain Monte Carlo, Optimasi Sistem dikoordinasikan dalam Laboratorium ini.

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Statistika 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Statistika 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi statistika, hubungi :

 Koordinator Program Studi Statistika
Program Magister Statistika Gedung T Lantai II
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Telp: (031) 5943352 Fax: (031) 5922940
E-mail: statistika@its.ac.id
Home Page : www.statistics.its.ac.id

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id