Program Studi Sistem Informasi

S

ejalan dengan konsep technopreneurship yang digagas oleh ITS sebagai model prospektus  lulusannya, SI | FTIF uga mengusung konsep IT-preneurship dimana mahasiswanya ditempa dan dilatih untuk berkembang menjadi wirausahawan di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, sedari awal, mahasiswa di SI | FTIF telah didorong sedemikian rupa untuk terlatih berpikir kreatif dan mandiri serta mampu menunjukkan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Proyek-proyek yang ditujukan untuk mahasiswa dalam berbagai aspek (berupa tugas-tugas kuliah, tugas akhir, hingga berbagai lomba dan kompetisi akademik, on akademik, penelitian maupun kewirausahaan seperti KKTM bidang IPA, IPS maupun Pendidikan yang diproyeksikan sanggup menembus event berskala nasional maupun internasional seperti PKM-PKMT Dikti, PIMNAS, gemasTIK, hingga POMDA) semuanya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berkembang.

Program pendampingan menyeluruh telah disiapkan oleh SI | FTIF guna memperoleh hasil dan prestasi yang maksimal yang tentunya ingin dicapai oleh mahasiswa. Mahasiswa dididik untuk mencari solusi dengan pemecahan masalah (problem solving) bersama-sama dalam sebuah kelompok/group. Mahasiswa juga dilatih memberikan kemampuan analitis dan kerjasama tim serta penulisan laporan dan paper yang lebih baik. Semuanya difokuskan pada usaha pencapaian prestasi maksimal sebagai kerja bersama seluruh civitas SI | FTIF, semoga!
Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Magister Sistem Informasi ITS ini adalah diawali dengan mengidentifikasi tujuan FTIf ITS yang relevan terhadap tugas pokok dan fungsi Jurusan, memperhatikan isu-isu lokal dengan membuat SWOT Jurusan yang dapat mendiskripsikan keadaan sebenarnya Jurusan saat ini, dan terakhir, menambahkan tujuan dari hasilgenerate SWOT dengan hasil identifikasi tujuan FTIf ITS. Tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan tenaga magister teknik yang memiliki penguasaan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam bidang Sistem Informasi.  Setelah menyelesaikan program pendidikan, peserta didik diharapkan memiliki penguasaan bidang sains dan teknologi yang kuat dan mendalam, mampu menganalisa dan memecahkan berbagai masalah engineering sciences secara integral, serta mampu menyajikan inovasi-inovasi baru yang orisinil dalam sains dan teknologi.

Kegiatan Akademik

Program Studi S2 Sistem Informasi ITS dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan batas maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit minimal 36 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum. Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Kegiatan akademik meliputi: perkuliahan, tugas dan belajar mandiri, kegiatan laboratorium, studi pustaka, serta berperan aktif dalam diskusi dan seminar.

Sarana Penunjang

Proses perkuliahan dan penelitian dalam Program Studi S2 ini didukung oleh Laboratorium, Workshop dan Bengkel sebagai berikut:

  • lab Ebisnis merupakan Lab Bidang Minat yang ada di Jurusan Sistem Informasi yang berfokus pada empat titik area :
    1. Perencanaan dan Proses Ebisnis
    2. Teknologi dan Infrastruktur Ebinis
    3. Proses masalah Etika – Sosial – Legal dalam Ebisnis
    4. Pengukuran Kinerja Ebisnis
    website resmi lab Ebisnis dapat dilihat di sini
  • Lab Sistem Pendukung Keputusan dan Intelensia Bisnis ini memiliki berorientasi pada pemberian kemampuan bagi komputer untuk memberi alternative keputusan ini fokus dalam beberapa bidang diantaranya :
    1. Data Management
    2. Reporting
    3. Visualization
    4. Bussiness Intelligence
    5. Strategy and Performance management
    6. Knowledge Management
    7. ….
    website untuk lab SPK ini dapat dilihat di sini
  • Lab Perancanaan Pembangunan dan Sistem Informasi berorientasi pada proses Pembangunan dari sebuah Sistem Informasi, yang meliputi beberapa bagian , yaitu :
    1. Strategic Information System
    2. Manajemen Proyek
    3. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi
    4. Migrasi dan Kontinuitas Bisnis
    5. Evaluasi dan Audit
    Website resmi untuk Lab PPSI dapat dilihat di sini

 Kurikulum

Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 TeknikSistem Informasi 2009-2014 – Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi Sistem Informasi, hubungi :

Program Pascasarjana ITS
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@its.ac.id
Website : http://pasca.its.ac.id