Program Studi Matematika

Program Studi Matematika

D

alam rangka pengembangan IPTEK diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sehingga mampu mengembangkan, menguasai, dan memanfaatkan IPTEK. Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari perkembangan Matematika yang cukup pesat. Sejak tahun 2004, Prodi S2 Matematika dipercaya DIKMENJUR untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMK dan pembina guru SMK melalui program S2 Matematika ini.

Jurusan Matematika yang berada dalam naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuka program studi PascaSarjana S-2 Matematika mulai tahun ajaran 2004/2005.

Didukung oleh 19 staf pengajar dengan kualifikasi: 1 orang Profesor, 4 orang Doktor, serta 14 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 2 Laboratorium, Studio Matematika, Ruang Baca dengan lebih dari 2000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, jurnal ilmiah nasional, termasuk sambungan Internet, Ruang Diskusi serta fasilitas lain.

Tujuan

Pendidikan Program Magister Matematika bertujuan untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan dalam bidang matematika dan terapannya sehingga alumni Magister Matematika ITS :

  • Memiliki integritas tinggi yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK.
  • Mempunyai kemampuan dalam bidang Matematika untuk mengikuti program pendidikan lebih lanjut
  • Mempunyai kemampuan dalam meningkatkan profesi serta membantu memecahkan permasalahan didalam masyarakat dengan jalan penelitian dan pengembangan.
  • Mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul di bidang industri secara profesional.

 

Bidang Minat

Program Studi Matematika menawarkan 2 kelompok pilihan bidang minat yaitu:

1

PEMODELAN DAN KOMPUTASI, Mampu membawa permasalahan-permasalahan teknik atau industri dan fenomena alam ke dalam model matematika serta menyelesaikannya secara analitik maupun numerik.

2

ANALISIS TERAPAN, Mampu memahami permasalahan yang muncul dalam bidang matematika dan mengembangkannya untuk diterapkan pada bidang matematika atau bidang ilmu lainnya.

Kegiatan Akademik

Program Studi S-2 Matematika dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit minimal 40 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum.Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni. Kegiatan akademik meliputi: perkuliahan, tugas dan belajar mandiri, kegiatan laboratorium, studi pustaka, serta berperan aktif dalam diskusi dan seminar.

Sarana Penunjang

Disamping sarana-sarana penunjang Pusat Komputasi dan Perpustakaan Pusat yang dikelola ITS, juga tersedia sarana penunjang di Jurusan Matematika, yaitu:

    • Ruang Baca Matematika
    • Lab. Komputasi dan Sistem Informasi
    • Lab. Pemodelan dan Simulasi
    • Studio Matematika
    • Internet
    • Ruang Kuliah dilengkapi LCD
    • Ruang Diskusi S2

 Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Matematika 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Fisika 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi matematika, hubungi :

Matematika 
Program Magister Matematika
Telp: (031) 5943354
Fax: (031) 5996506
e-mail: matematika@its.ac.id, apriliani@lycos.com
Homepage : www.mathematics.its.ac.id

 Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id