Program Studi Kimia

S

etelah lebih dari dua dasawarsa, jurusan kimia ITS menjadi institusi pendidikan kimia pilihan dan dipercaya, dengan keunggulan tersendiri, terbukti dengan memperoleh “block grant” Technogical Skill Development Sector Proyect bath III dan mendapat kepercayaan dari Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan – Departemen Pendidikan Nasional untuk meningkatkan stratafikasi widaswara, guru SMK dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan seluruh Indonesia dalam bidang magister kimia.

Jurusan Kimia yang berada dalam naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuka program studi PascaSarjana S-2 Kimia mulai tahun ajaran 2004/2005.

Didukung oleh 32 staf pengajar dengan kualifikasi: 1 orang Profesor, 12 orang Doktor,serta 19 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 9 Laboratorium, Ruang Baca dengan lebih dari 2000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, jurnal ilmiah nasional dan berbagai fasilitas lain.

Tujuan

Pendidikan Program Magister Kimia bertujuan untuk mendidik dan melatih peserta dalam mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan kimia dengan cara menguasai dan memahami metode ilmiah. Di samping itu, peserta akan mampu memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu yang terkait melalui kegiatan penelitian, serta mampu dalam meningkatkan intelektual dan profesional.

 Bidang Minat

Program Studi Kimia memiliki 6 bidang minat yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

KIMIA BAHAN HAYATI DAN SINTESIS,Mengkaji potensi kimiawi tumbuhan sebagai bahan berguna

2

GEOKIMIA ORGANIK, Mengkaji senyawa biomarka seperti alkana, steroid, politerpen dan organo belerang dari fosil sebagai parameter molekuler untuk eksplorasi minyak bumi

3

SINTESIS DAN KARAKTERISASI KATALIS, Mengkaji provskit, zeolit, oksida logam dan metalosen, aplikasi katalis untuk adsorben penukar ion, bahan semikonduktor, dan polimerisasi a olefin

4

KIMIA BIOORGANIK DAN BIOKATALIS, Mengkaji biogenesis, pembentukan hopanoid dan bioteknologi enzim sebagai penemuan bahan baru

5

KIMIA FISIKA, FOTOKIMIA, ELEKTROPLATING, Mengkaji membran dan polimer

6

METODE LIMBAH INDUSTRI DAN DOMESTIK, Mengkaji pengembangan cara analisa, pemanfaatan tumbuhan air sebagai pengatur kualitas air, analisa logam berat dan limbah organik

Kegiatan Akademik

Program Studi S-2 Kimia dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), yang dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu dua semester diisi dengan perkuliahan. Sedangkan tahap kedua diisi dengan kegiatan penelitian dan tesis. Selanjutnya hasil penelitian dipublikasikan di seminar atau jurnal ilmiah nasional/internasional dan diakhiri dengan ujian di hadapan tim evaluasi. Batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun. Beban kredit minimal 40 sks, termasuk tesis sesuai dengan kurikulum. Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

Sarana Penunjang

Program Magister Kimia dilengkapi dengan sarana-sarana penunjang yang dimiliki ITS, seperti Perpustakaan Pusat, Pusat Komputasi, dan M-Web. Tersedia pula fasilitas lain seperti Ruang Baca Kimia dan sembilan laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Kimia, yaitu :

    • Laboratorium Penelitian
    • Laboratorium Kimia Terapan dan Instrumen
    • Laboratorium Kimia Fisika Polimer
    • Laboratorium Kimia Organik
    • Laboratorium Biokimia
    • Laboratorium Kimia Anorganik
    • Laboratorium Kimia Fisika
    • Laboratorium Kimia Analitik
    • Laboratorium Kimia Dasar

Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Kimia 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Kimia 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi kimia, hubungi :

Kimia 
Program Magister Kimia  Gedung K, Ruang 106
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Telp: (031) 5943353 Fax: (031) 5928314
E-mail: kimias2@its.ac.id
Home Page : www.kimia.its.ac.id

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id