Magister Manajemen Teknik

P

rogram Magister Manajemen Teknologi dibuka mulai tahun ajaran 1996/1997 . Dari tahun ajaran 1996/1997 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 369 alumninya dari 2166 mahasiswa yang ada.

Sesuai visi dan misinya, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan diharapkan agar lulusan MMT-ITS dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengaplikasikan aspek manajemen teknologi di tempat kerjanya. Sejalan dengan tuntutan di era global, MMT-ITS terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan melalui diseminasi kegiatan ilmiah dan perluasan jaringan kerjasama, baik pada lingkup nasional maupun internasional. Kegiatan yang telah dilakukan MMT-ITS antara lain mengadakan seminar nasional dalam bidang manajemen teknologi 2 kali dalam setahun, menerbitkan jurnal ilmiah (technobisnis) dan menyelenggarakan studi banding untuk peningkatan kinerja program studi di dalam dan luar negeri.

Didukung oleh 73 staf pengajar dengan kualifikasi: 8 orang Profesor, 19 orang Doktor,serta 46 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah, 6 Laboratorium, Ruang Baca termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

 Tujuan

Pendidikan Program Magister Magister Manajemen Teknologi bertujuan untuk:

  • Mengembangkan dan melatih sumber daya manusia sehingga memiliki wawasan bisnis, manajemen, teknologi dan lingkungan hidup secara mandiri
  • Memperkaya pendekatan ekonomi dan finansial dalam industri yang berdimensi teknologi secara efektif dan efisien.
  • Mengembangkan kemampuan untuk berfikir secara sistem melalui pendekatan Tekno-Sosio-Ekonomi.
 Bidang Minat

Program Studi Magister Manajemen Teknologi memiliki 5 bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:

1

MANAJEMEN INDUSTRI

2

MANAJEMEN PROYEK

3

MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

4

MANAJEMEN TEKNOLOGI LINGKUNGAN

5

MANAJEMEN TEKNOLOGI TRANSPORTASI

6

MANAJEMEN BISNIS MARITIM

Kegiatan Akademik

MMT-ITS memberikan pendidikan Magister Manajemen Teknologi selama 4 semester dengan rincian tiap semester berjalan selama 6 bulan, dengan total masa studi 24 bulan. Tiap semester terdiri atas 5 (lima) matakuliah dengan bobot masing-masing 2 Satuan Kredit Semester (SKS), sehingga kelulusan dicapai dengan menyelesaikan 40 SKS.

Memahami bahwa 99% mahasiswa MMT-ITS telah bekerja dan membutuhkan pengaturan waktu yang tepat maka kami membuka 3 sistem perkuliahan, yaitu :

Sistem Perkuliahan
Waktu Perkuliahan Hari Mulai Selesai
Kelas Petang Senin – Kamis 18:30 22:10
Kelas Sabtu-Minggu Sabtu – Minggu 09:00 17:00
Kelas Remote (khusus)

 

 Sarana Penunjang

Disamping beberapa sarana penunjang di pusat komputasi dan perpustakaan pusat yang dikelola ITS, tersedia pula sejumlah laboratorium dan fasilitas lain di lingkungan Jurusan Teknik Informatika ITS untuk menunjang program pendidikan S-2, yaitu:

    • Laboratorium Pemrograman
    • Laboratorium Sistem Bisnis Cerdas
    • Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer
    • Laboratorium Komputasi
    • Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
    • Laboratorium Riset Mahasiswa S-2 Informatika
    • Ruang Baca Jurusan Teknik Informatika
    • Ruang Diskusi Mahasiswa S2
    • Musholla dan Kantin

Kurikulum

– Kurikulum Program Magister (S2) Silabus S2 Magister Manajemen Teknik 2009-2014 – Kurikulum Program Doktor  (S3) Silabus S3 Magister Manajemen Teknik 2009-2014 Untuk informasi lebih lanjut tentang program studi magister manajemen teknik, hubungi :

Magister Manajemen Teknologi 
Gedung Magister Manajemen Teknologi
Jl. Cokroaminoto 12A, Surabaya 60264
Telp: (031) 5613922, 5666172  Fax: (031) 5682887
e-mail: mmtits@rad.net.id
website: www.mmt.its.ac.id

Pascasarjana ITS 
Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : www.its.ac.id